Inilah Harga Container Bekas 20 dan 40 Feet

4 months ago 388
ARTICLE AD BOX

Pergerakan dari harga container bekas 20 dan 40 feet mempunyai sifat dinamis. Pasalnya, terdapat berbagai macam faktor dan juga situasi yang bisa berpengaruh terhadap naik turunnya harga kontainer.

Namun, tentu fenomena semacam itu sudah menjadi hal yang wajar dan bisa diterima oleh berbagai pihak. Terlebih lagi, transportasi peti kemas seperti ini sudah beroperasi lama dari dulu hingga sekarang.

Dalam menentukan harga jual kontainer digunakan standarisasi dari international Organization for Standardization (ISO). Dengan standar tersebut tentu membuat adanya gambaran jelas terhadap harganya sehingga akan memudahkan dalam penetapan harga.

Tentang Kontainer Pengiriman Barang

Kontainer Pengiriman

Container pengiriman merupakan benda berbentuk kotak yang mempunyai fungsi untuk memindahkan barang dari tempat satu ke tempat lainnya. Pembuatan dari kontainer tersebut umumnya menggunakan bahan baja sehingga mempunyai ketahanan serta kekuatan tinggi.

Kehadiran dari kontainer standar seperti ini sedikit banyak mengubah industri transportasi dan perkapalan. Hal itu karena sekarang bisa dilakukan pengangkutan barang menggunakan truk, kapal laut, serta kereta api.

Kondisi tersebut menunjukkan bahwa container mempunyai adaptasi sangat baik sehingga bisa diterapkan di beberapa moda transportasi. Selain itu, standarisasi yang dilakukan juga membuat peningkatan signifikan dalam efisiensi dan skala pengiriman suatu kegiatan perdagangan.

Mengenal Jenis-Jenis Kontainer Pengiriman

Pada penerapannya, terdapat beragam jenis dari kontainer pengiriman ini. Adanya perbedaan jenis tersebut bertujuan agar dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dari pengirimannya. Berikut adalah jenis-jenisnya.

1. Flat Rack

Jenis Flat Rack dipakai untuk kebutuhan pengangkutan barang dengan ukuran besar dan bentuk tidak biasa. Bentuk dari container ini mempunyai sisi depan dan belakang yang foldable atau bisa dilipat.

Pada umumnya, Flat Rack dipakai untuk mengangkut berbagai benda berat seperti kendaraan, perahu, ataupun alat berat lainnya. Oleh karena kebutuhan tersebut, tentunya jenis ini terbuat dari bahan yang kuat dan berkualitas.

2. Open Side

Sesuai dengan namanya, open side container ini merupakan model yang dapat dibuka secara penuh dari sisi samping. Hal itu membuatnya bisa digunakan untuk mengangkut material berbagai jenis dan proses bongkar muat menjadi lebih cepat.

3. Open Top

Open top kontainer tidak menggunakan atap permanen sehingga bisa mengangkut barang yang punya ketinggian lebih dari kontainernya. Dengan begitu, jenis ini sangat cocok digunakan untuk membawa gulungan plat baja, mesin ukuran besar, hingga kayu gelondongan.

4. Refrigerated

Jenis refrigerated ini bisa juga diartikan sebagai peti kemas dengan pendingin. Jenis ini dapat membantu mengangkut kargo yang sifatnya mudah mengalami kerusakan saat terkena perubahan suhu.

Penggunaan dari jenis refrigerated ini biasanya untuk mengangkut obat-obatan, makanan, dan benda lain yang bisa berubah karena suhu. Dengan adanya pendingin, barang yang dibawa tetap dalam keadaan utuh hingga ke lokasi tujuan.

5. Tank

Untuk kasus pengiriman bahan berbentuk bubuk, cair, sampai yang mudah terbakar bisa menggunakan tank container. Umumnya pilihan dari tank-nya bermacam-macam, namun pada umumnya jenis ini digunakan untuk mengirimkan bahan cairan seperti bahan bakar.

6. Dry

Terakhir, ada juga jenis dry kontainer yang berguna untuk mengirimkan barang bersifat “kering”. Tipe dry container termasuk sebagai general shipping atau konvensional yang biasanya mempunyai ukuran 10 sampai 40 feet.

Berbagai macam jenis container di atas semuanya mempunyai fungsi masing-masing. Jadi, pemilihan jenisnya tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis barang yang akan dikirimkan nanti.

Faktor Penentu Harga Bekas Container 40 Feet dan 20 Feet

Faktor Penentu Harga Bekas Container 40 Feet Dan 20 Feet

Pada pembahasan awal tadi sudah dikatakan bahwa harga dari kontainer bekas ini sangatlah dinamis. Namun, tentu terdapat beberapa faktor yang bisa memengaruhi harga tersebut. Nah, berikut adalah berbagai faktor penentu dari harga peti kemas atau kontainernya.

1. Kondisi

Faktor pertama yang memengaruhi harganya adalah dari kondisinya. Apabila ingin membeli kontainer, maka sebaiknya proses pengecekannya dilakukan secara teliti agar bisa mendapatkan kondisi barang yang masih bagus.

Pengecekan dapat dilakukan dengan melihat apakah terdapat karat, lupang, hingga kondisi dari sisi serta atap kontainernya. Hal ini sangat penting untuk menentukan apakah barangnya masih mempunyai kualitas layak untuk pengiriman barang.

Biasanya, kondisi tersebut juga berkaitan dengan usia dari kontainernya. Semakin tua kondisi barangnya maka membuat harganya menjadi lebih murah. Kesimpulannya, kondisi barang yang terawat dan tidak terawat pasti berpengaruh dalam penentuan harganya.

2. Ukuran

Kontainer dengan ukuran semakin besar pastinya akan memiliki harga jual lebih mahal. Hal tersebut sangat bisa diterima mengingat pembuatan kontainer dengan ukuran lebih besar kebutuhan bahan bajanya juga semakin banyak.

3. Lokasi

Faktor penentu harga dari container berikutnya adalah soal lokasi pembeliannya. Contohnya, jika membeli peti kemas bekas dari negara lain, maka perlu diperhatikan soal perizinan serta kebijakan yang berlaku di sana.

Hal yang menjadi masalah, terkait perizinan dan kebijakan tersebut tidak jarang bisa menguras budget. Selain itu, jika lokasi atau jaraknya sangat jauh maka terdapat biaya tambahan sesuai dengan jarak tempuh pengirimannya.

Belum lagi jika saat proses pengirimannya memerlukan bantuan alat berat seperti mesin crane atau truk, pasti bisa lebih mahal lagi. Oleh karena itu, pertimbangkan baik-baik masalah jarak lokasi pembeliannya agar budget tidak membengkak.

Ketiga faktor di atas menjadi penentu seberapa mahal harga kontainer yang dijual. Oleh karena itu, perhatikanlah faktor tersebut dengan cermat sehingga Anda bisa mendapatkan barang sesuai dengan perkiraan budget yang disiapkan.

Harga Container Bekas 20 Dan 40 Feet

Harga Container Bekas 20 Dan 40 Feet

Berikutnya, akan diberikan juga tentang gambaran harga container bekas 20 dan 40 feet di pasaran. Secara umum, dapat diketahui berapa kisaran dari harganya. Berikut adalah list dari harga kontainernya:

  • Harga kontainer 20 feet berada di kisaran Rp 16.500.000 – Rp 26.000.000
  • Harga container bekas 40 feet berada di kisaran Rp 35.000.000 – Rp 65.000.000

Harga di atas merupakan gambaran kisaran yang diperoleh dari berbagai informasi. Jika diperhatikan secara berkala, maka dapat dilihat bahwa kisaran harga untuk peti kemas bekas sampai sekarang masih terbilang fluktuatif.

Sebagai contoh, dulunya harga container 20 feet bekas dilepas di harga 20 jutaan dan saat ini bisa didapatkan dengan harga mulai 16 jutaan saja. Sementara pada ukuran 40 feet bekas awalnya ada di harga 21 jutaan, namun sekarang bisa mencapai 35 jutaan.

Selain itu, harga tersebut juga kembali lagi dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya. Jadi, supaya dapat memperoleh barang bagus sebaiknya lakukan pengecekan secara menyeluruh terlebih dahulu.

Tujuannya tentu agar Anda bisa mendapatkan kondisi barang sesuai dengan harganya. Dengan begitu, pembelian bisa dikatakan berhasil karena barangnya mempunyai kualitas sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Kesimpulan dari penjelasan di atas adalah mengetahui harga container bekas 20 dan 40 feet menjadi aspek penting dalam pembelian peti kemas. Pasalnya, hal itu akan menghindarkan dari pembelian dengan harga overprice.

Selain soal harga, pemahaman akan tujuan serta kualitas barangnya juga akan sangat membantu. Dengan begitu, Anda dapat membeli peti kemas tersebut dengan harga tepat dan sesuai kebutuhan pengiriman barang.

Read Entire Article